Rabu, Desember 10, 2008

Aya Sophia, Gereja Menjadi Masjid-Museum

KkAya Sophia Istanbul Turki dari view halaman Masjid Biru/Blue Mosque.

Pintu masuk Aya Sophia, Gereja yang tertakhlukkan menjadi masjid dan sekarang menjadi museum.

by: Vikra Alizanovic* (Ditulis April 2007)

Setelah pulang dari Grand Bazaar Istanbul, kita istirahat sebentar di hotel. Sorenya ibu ngajak ke Aya Sophia. Sampai di aya Sophia hujan. Gak nyangka ternyata antriannya lumayan penuh juga. Cuma waktu itu gak terlalu penuh karena lagi hujan. Pertama masuk ke bangunannya disambut sama Mozaik Madonna(bunda Maria). Mozaiknya indah banget. Masuk kedalam lagi pertama kita baca penjelasan sejarah aya Sophia. Jadi aya Sophia itu dulu namanya Hagia Sophia. Aya Sophia itu udah pernah jatuh-bangun 4 kali. Jatuh pertama kali, kebakaran karena salah orang dalam, dan juga karna atapnya masih pakai kayu Timber dan dindingnya pake Basilica. Akhirnya dibangun lagi pada masa raja Theodosius II.
Kerusakan kedua disebabkan karena kebakaran lagi karena mereka masih menggunakan dinding basilica. Pada masa kerusakan 1 dan 2, aya Sophia masih berupa Gereja. Untuk merestorasi kerusakan ke 2 ini, raja mendatangkan arsitek2 terbaik dari penjuru dunia seperti dari Roma Italia dll. Kerusakan ketiga adalah kerusakan yang paling parah. Karena akibat perang salib, banyak harta2 aya Sophia seperti lempengan emas dan barang2 perak yang diambil oleh para crusader sebagai rampasan. Akhirnya, masalah bisa diselesaikan setelah Raja Suleyman The Magnificent muncul.

Kerusakan terakhir karena gempa bumi dahsyat yang terjadi di Istanbul, banyak fresko2dan mozaik2 yang tadinya ada belasan di bangunan itu, yang akhirnya rusak dan harus di-cover dengan semen untuk menyelamatkan bangunannya sendiri. Malah ada satu tiang yang dibalut pake lempengan besi.

Setelah perang salib Aya Sophia diubah jadi masjid. Jadi sekarang didalamnya ada kiblat imam, tulisan Allah dan Muhammad besar2 di langit2 Aya Sophia. Tetapi sekarang oleh pemerintah turki, Aya Sophia resmi jadi museum.

* Yunich's junior

Label: ,

7 Komentar:

Blogger cecep mengatakan...

ini lagi..... kakaknya ya..? cara bertuturnya luar biasa, tulisannya mengalir tidak dipaksakan. acung jempol buatmu ya....
walau ibumu hebat, tapi waktu kecil pasti dia tidak sehebat ini, dulu mungkin megang kamera aja gah pernah.
sekali lagi selamat dan belajar terussssssssssss

10 Desember 2008 pukul 19.22  
Anonymous Anonim mengatakan...

makasih om...nanti (pikra) vikra (pinda) vinda yang bersangkutan biar kasih komentar deh. Semalem hampir telp/ngajak chat si Om cecep pujangga sundanist..karena ada pelajaran bahasa Sunda yang 90 %nya nggak ngerti. Nyoba buka kamus online lelet, pakai kamus biasa juga lama.Tapi kasihan ngganggu..jadi nggak jadi. Mereka di FB lho..Vikra Alizanovic dan Vandana Mernisi /y

11 Desember 2008 pukul 07.58  
Anonymous Anonim mengatakan...

kalo vikra mah hebat pisan jurnalisna,
dah cocok menggantikan posisi Gunawan Muhammad atawa Mukhlis Ainurrofiq, kagak sia2 punya ayah n ibu pintar cerdas jelita (dari tante fatra yang baik hati)

14 Desember 2008 pukul 14.56  
Anonymous Anonim mengatakan...

Kalo kesulitan dalam pelajaran Bahasa Sunda, kenapa atuh tidak menghubungi Om Fauzie aja? Gini-gini juga Om Fauzie ini kan pengawal pelestarian RRC (Republik Rakyat Cunda - Maksain deh!). Kalo mau tanya lewat chat : zen_fauzie@yahoo.com, silakan konfirmasi dulu +62911956040.

16 Desember 2008 pukul 07.04  
Blogger Unknown mengatakan...

Mereka berdua kan "PONAKAN" aQ....
yaaaaa wajarlah kalo pinter wong niru "TANTE" nya....hik4567
hebriiiinnngggg deh buat ponakan2Q yang pinter2...ganteng n cantik...(cantiknya juga kayak tante juga...ya kaaaannnn)
sip...sip...sip....lv

16 Desember 2008 pukul 10.46  
Anonymous Anonim mengatakan...

Kalau ditimbang pake KG dan diukur pake Cm, kaya misri yang jadi "keponakannya" deh...he he

cep

16 Desember 2008 pukul 12.48  
Blogger Unknown mengatakan...

Kang cecep yang baek hati n gak sombong...alhamdulillah berarti aQ masih terlihat muda kaaannn???hik4567
beres deeehhh untuk komentar ini nanti gantinya Q traktir makan2 deehhh....(berlaku bagi yang komentarin baek2 ajjaahh looohhh...hik4567)

18 Desember 2008 pukul 05.42  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda