Hasil Rapat di Tawangmangu
Inilah kawan2 kita yang sudah menyisihkan waktu & energinya tuk hadir ke Tawangmangu, Solo, memikirkan bagaimana langkah terbaik kita2 sebagai alumni Pondok Pesantren Pabelan melakukan sesuatu yang nyata bagi Pondok kita tercinta. Rumusan aksi tersebut tertuang dalam program2 di bawah ini. Tentu saja dedikasi, komitmen dan keikhlasan kawan2 kita ini harus kita dukung dengan sepenuh hati. Sukses selalu tuk Keluarga Besar Alumni Pondok Pesantren Pabelan! /f
PESANTREN PABELAN
BANGKIT!
Upaya Ikatan Keluarga
Pondok Pabelan
Dalam memastikan
bangkitnya kembali
Balai Pendidikan Pondok
Pesantren Pabelan
elalui langkah-langkah
kecil yang nyata
Dimulai dari niat baik,
dijalankan dengan hati, dan dilindungi oleh doa-doa baik
seluruh keluarga besar Pondok Pabelan
seluruh keluarga besar Pondok Pabelan
Notulen Rapat IKPP
Tawangmangu, 22 – 23 September 2012
PENGEMBANGAN OPP DAN PENDAMPING KAMAR
(PIC: Sadrah, didampingi oleh Maria Nurhayati, Rajasa Musta’in, Arif Prajoko, DAN A.Z. Arifin) |
|||
Program
|
Tujuan
|
Uraian
|
Rencana kerja
|
Pelatihan:
MENJADI
PARTNER YANG TERPERCAYA
Membangkitkan potensi pemimpin muda terpercaya
Program pelatihan yang
berdurasi 3 hari penuh (residensial – diluar pondok)
|
Memastikan peningkatan kemampuan anggota
pengurus OPP dan pendamping dalam menjalankan tugas keseharian mereka melalui
pengenalan dan pengembangan kompetensi perilaku dalam bentuk coaching dan
training.
|
Materi pelatihan:
· Kekuatan
kata dan makna
· Kekuatan
satu vs. kekuatan bersama
· Meninggalkan
yang lalu, menapaki yang kini, menyambut masa depan
· Perkenalan
pada coaching dan counseling
· Pengenalan
pada participative leadership
· Dll
Metode: Diskusi, Presentasi, Teori dan praktek, Simulasi, dan Rencana tindakan
|
· Paling lambat akhir September 2012:
Komunikasi dengan pimpinan pondok untuk mendapatkan dukungan
· Paling lambat awal Oktober 2012:
Mulai berkoordinasi dengan IKPP Yogya untuk lokasi pelatihan
· Paling lambat akhir November 2012:
Memastikan ketersediaan dana dengan meminta bantuan/dukungan senior
· Mulai awal November 2012:
Menyusun materi dan menyiapkan semua tools, dll
· Paling lambat minggu ke-2 Desember 2012:
Semua materi telah terkirim ke Yogya
· Melaksanakan
pelatihan pada:
Desember 27-29, 2012 |
DEWAN PENASEHAT IKPP PUSAT
(PIC: Sri Yunanto didampingi oleh Rajasa Musta’in) |
|||
Program
|
Tujuan
|
Uraian
|
Rencana kerja
|
Pembentukan Dewan Penasehat IKPP Pusat Kepengurusan Sri
Yunanto
|
Untuk memastikan bahwa
jalannya rencana-rencana yang telah ditetapkan bisa mendapatkan masukan,
feedback, dan penasehatan dari para senior yang kompeten
|
Dari diskusi tanggal
22 September 2012 di Tawangmangu, telah disepakati bahwa yang diharapkan
bersedia menjadi anggota Dewan Penasehat adalah: Komaruddin Hidayat, Bachtiar
Effendi, Qowaid
Mashury, Imam
Munajat, Rasaja
Musta’in, dan Agus
Soleh
|
·Paling lambat akhir September 2012:
Sri Yunanto mulai menghubungi para senior (dengan dukungan Bapak Rajasa) untuk memastikan kesediaan mereka menjadi anggota Dewan Penasehat
·Paling lambat akhir Oktober 2012:
Ketua IKPP didampingi oleh pengurus lain yang berkenan, mengadakan pertemuan untuk menjelaskan program dan mendengar perspektif serta nasehat anggota Dewan Penasehat |
UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH SANTRI
(PIC: Yunanto didampingi oleh Ida Siyana, Affandi dan Asmah Khoiriah) |
|||
Program
|
Tujuan
|
Uraian
|
Rencana kerja
|
Menjadi orangtua asuh
santri baru – tahassus mulai tahun ajaran July 2013 dan selanjutnya
|
Meningkatkan jumlah
santri bermutu dan berkemauan tinggi untuk belajar di pesantren
|
menjaring calon santri
dari:
·
area sekitar
(Muntilan, Magelan, Yogya) yang disaring berdasarkan nilai rapot sepanjang
SMP dan wawancara untuk mengentahui kesungguhan mereka
·
Anak dari
alumni yang berkemauan tinggi untuk melanjutkan di Pabelan tetapi kurang
biaya
|
·
Selama Oktober
– Desember 2012:
mencari dan mendapatkan komitmen alumni yang berkenan menjadi orangtua asuh, setidaknya 1 alumni untuk 1 santri tahassus
·
Selama Januari
– Februari 2013:
Mencari dan mendapatkan informasi mengenai anak-anak alumni yang ingin bersekolah di Pabelan tetapi kurang biaya dan mendapatkan partner alumni yang berkenan menjadi supporter dan menjadi orangtua asuh dari anak alumni tersebut
·
Selama Maret –
April 2013:
Berdasarkan informasi yang terkumpul di poin 1 dan 2 diatas, mulai menyebarkan informasi ke sekolah-sekolah Tsanawiyah disekitar pondok untuk menjaring calon santri berdasarkan: baiknya nilai rapot kelas 1 – 3 dan wawancara untuk mendapatkan pemahaman tentang kesungguhan calon santri
·
Juni 2013:
Finalisasi pendaftaran calon santri
|
FINALISASI DATA ALUMNI
(PIC:
Aris Budiono dibantu oleh Umam
Aconk, Dindin, Fajar, dan seluruh kor-wil)
|
|||
Program
|
Tujuan
|
Uraian
|
Rencana kerja
|
Finalisasi data
pribadi alumni seluruh Indonesia
|
Untuk memastikan
kemudahan komunikasi dan untuk mengetahui bidang keahlian masing-masing
alumni untuk kemudahan penyusunan jadwal Bakti Alumni
|
Data yang dimaksud
adalah nama, alamat lengkap, tahun masuk dan tahun keluar di pabelan, area
keahlian, network, dll
|
·
Perwakilan Alumni di Pabelan (Mas
Afandi dan Maria Nurhayati) membantu mencari file data Alumni di Pondok .
Kemudian mengirimkan ke IKPP Pusat , kordinator Aris, Dindin, Fajar Cs untuk
(baik dalam bentuk soft copy maupun hard copy) untuk didistribusikan ke
seluruh Korwil sebagai arah awal untuk mengontak.
·
Minggu ke-2
Oktober 2012:
Form data sudah selesai dibuat dan disebarkan ke masing-masing korwil untuk diisi (Aris dibantu IKPP pusat)
·
November 2012:
komunikasi antar PIC dan korwil sebelum memulai data input untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan
·
Desember 2012
– Maret 2013:
Seluruh data sudah diserahkan ke IKPP Pusat (Aris Budiono)
·
Maret – Mei
2013:
Fine-tune dan finalisasi data alumni secara keseluruhan
·
Juni 2013:
pengiriman soft copy data alumni kepada seluruh korwil untuk dibagikan kepada
alumni melalui e-mail.
·
July 2013 dan
selanjutnya:
Koordinasi dengan korwil IKPP Pabelan untuk update rutin setiap tahun ajaran selesai atau setiap kali ada santri yang keluar/pulang.
·
Agustus 2013:
Launching data alumni
|
REBRANDING PONDOK PABELAN – Program 3
(PIC:
Maria Nurhayati, didampingi Ulfa Najib, Istiatun,
Yunianti, Sholeh Hasan, dan Najib
Al Munawwir)
|
|||
Program
|
Tujuan
|
Uraian
|
Rencana kerja
|
Bakti Alumni
|
Meningkatkan motivasi para guru dan santri
agar tercipta semangat belajar dan mengajar yang lebih tinggi untuk
meningkatkan kualitas SDM yang lebih baik.
|
Melakukan pendataan alumni yang berkenan
pulang untuk berbagi pengalaman, kemampuan, ketrampilan
|
Berkoordinasi dengan perwakilan IKPP di
pondok untuk melancarkan jalannya pelaksanaan agenda Bakti Alumni.
Jadwal yang telah
dibuat:
October: Istiatun/Syafa
November: Perwakilan alumni UIN Jakarta
December: Jularso
January: Dandung, Iwan
February: Soleh Hasan
March: Atin dan Rini
April: Sri Yunanto
May: Syamsiatun
June: Muflih + Dewi Arfiani
July: Arif Prajoko
August: Fajar
September: Solahudin
|
MONEY GENERATING ACTIVITY
(PIC:
Jularso, didukung oleh Astiarini,
Ilham M. Nur, Astiarini, dan Sri
Yunanto)
|
|||
Program
|
Tujuan
|
Uraian
|
Rencana kerja
|
Pembangunan Wisma IKPP
|
Alternative
sumber pendanaan untuk pengembangan pesantren dan tempat penginapan bagi tamu
atau alumni yang lebih representative, dan pusat aktifitas IKPP dan santri
pondok Pabelan
|
Disadari bahwa uang
bukanlah masalah kecil selama ini di Pondok.
Masalah ini telah membawa alumni mengusulkan dibangunnya semacam guest
house bagi para pengunjung yang bisa menikmati kenyamanan tinggal sementara
di pondok, dengan harga yang memadai untuk pemasukan kas Pondok, melalui kas
Yayasan
|
·
Paling lambat
akhir Januari 2013:
Mendapatkan persetujuan dari yayasan dan mendapatkan sebidang tanah atau lokasi untuk dijadikan wisma IKPP
·
Mulai Minggu
ke-2 Februari 2013:
Menerbitkan dan menjual Surat Wakaf Tunai kepada alumni dan para pimpinan untuk memastikan cepatnya pengumpulan dana untuk pembangunan. Surat wakaf ini berharga minimal Rp. 50,000/surat
·
Paling lambat
awal Maret 2013:
Mengadakan pertemuan PIC dan pendukung untuk membicarakan langkah lanjutan (rancang bangun, rancangan finansial, kontraktor, dll)
·
April – July
2013:
Masa pembangunan wisma IKPP dan penerbitan sertifikat membership
Agustus 2013:
Launching wisma IKPP sehubungan dengan Milad Pondok.
|
Label: IKPP se Nusantara
2 Komentar:
semoga Allah memberi kemudahan bagi kita tuk melaksanakannya ..... amin
- ilyas
Amin... Amin Ya Allah.. (ftr)
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda